Skip to main content

Jangan Sampai Salah, Ini Istilah Perpajakan yang Perlu Diketahui Saat Bekerjasama Dengan Vendor



Salah satu kewajiban yang tidak bisa Anda hindari ketika melakukan sebuah bisnis adalah membayar pajak. Pajak adalah pungutan wajib yang dibayarkan oleh rakyat negara dan nantinya akan digunakan untuk kepentingan masyarakat umum.

Pajak sendiri merupakan salah satu sumber dana pemerintahan untuk melakukan pembangunan, baik pemerintah pusat maupun daerah. Pemungutan pajak dapat dipaksakan karena dilaksanakan berdasarkan undang-undang.

Tetapi sayangnya, banyak masyarakat Indonesia yang belum melek pajak, termasuk para pengusaha dan pebisnis, sehingga tidak aneh banyak yang menggunakan jasa konsultan pajak untuk mengurus segala tetek bengek perpajakan yang dirasa ribet dan membingungkan.

Bagi Anda yang baru pertama kali berurusan dengan pajak dan masih bingung dengan istilah-istilah perpajakan, berikut adalah beberapa istilah perpajakan yang sering digunakan atau bahkan mungkin sering Anda dengar berikut penjelasannya.

Barang Kena Pajak (BKP)

Barang kena pajak adalah barang berwujud, yang menurut sifatnya berupa barang bergerak dan tidak bergerak. Ada duda jenia ‘barang yang akan terkena pajak:

    a. Barang yang berwujud. Misalnya mobil, rumah, sepeda motor, alat kesehatan dan lain-lain.
    b. Barang yang tidak berwujud. Misalnya hak paten, hak cipta, merk dagang dan lain-lain.

Jasa Kena Pajak

Jasa kena pajak merupakan setiap kegiatan pelayanan berdasarkan suatu perikatan atau perbuatan hukum yang menyebabkan suatu barang/ fasilitas/ kemudahan/ hak tersedia untuk dipakai, termasuk menghasilkan barang berdasarkan pesanan dengan bahan dan petunjuk pemesan, yang dikenakan pajak berdasarkan Undang-Undang PPN, misalnya: Jasa konsultan, jasa sewa, jasa konstruksi, jasa perantara, dsb.

Dalam berurusan dengan vendor dan supplier, hal ini harus jelas di awal, karena ini berhubungan dengan laporan keuangan perusahaan Anda. Terutama jika Anda menggunakan accounting software dimana biasanya memang ada kolom PPN atau PPH yang harus diisi jika melakukan purchasing dari vendor/ supplier.

Faktur Pajak

Faktur pajak merupakan sebuah bukti pungutan pajak Pengusaha Kena Pajak (PKP), yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) atau penyerahan Jasa Kena Pajak (JKP). Artinya, ketika PKP menjual suatu barang atau jasa kena pajak, ia harus menerbitkan faktur pajak sebagai tanda bukti dirinya telah memungut pajak dari orang yang telah membeli barang/jasa kena pajak tersebut. Perlu diingat bahwa barang/jasa kena pajak yang diperjualbelikan, telah dikenai biaya pajak selain harga pokoknya.

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Nomor Pokok Wajib Pajak atau lebih sering dikenal dengan istilah NPWP adalah rangkaian nomor seri yang digunakan oleh kantor pajak untuk mengidentifikasi para wajib pajak di Indonesia, baik wajib pajak pribadi maupun badan. NPWP dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak dalam bentuk kartu pengenal.

Sebagai warga negara Anda wajib memiliki kartu NPWP, jika Anda menerima penghasilan kena pajak dari sebuah perusahaan, atau pun dari usaha milik sendiri. Agar dapat melakukan seluruh aktivitas perpajakan seperti e-Filing dan bayar pajak, wajib pajak harus terlebih dahulu memiliki NPWP.

Itulah beberapa istilah dalam perpajakan yang perlu Anda ketahui ketika menjalankan sebuah bisnis jasa ataupun barang. Sebagai warga negara yang baik, hal ini tentunya sangat perlu diingat dan ditaati. Karena pajak adalah sebuah kewajiban warga negara yang tidak boleh anda lewatkan.

Comments

Artikel Ga Jelas Lainnya

Cara Melewati Lampu Merah Aman dan Legal

Tulisan ini hanya iseng aja, gue ga bertanggung jawab kalau ternyata ada yang mencobanya. Sangat tidak direkomendasikan untuk emak-emak atau siapapun yang terbiasa kasih lampu kiri tapi beloknya kanan. Ber-ba-ha-ya ta-u?.

Cara ini sering gue praktekin ketika dalam keadaan ingin mengejar waktu. Kalau lagi santai sih pas lampu kuning gue berhenti, kalau lagi buru-buru ya lampu kuning artinya tancap gas hehe.

Melewati lampu merah ini hanya bisa dipraktekan kalau belok kiri tandanya hijau. Kalau ada tanda 'belok kiri ikuti lampu' berarti teknik ini tidak bisa digunakan karena melanggar hukum.

Berikut ini gue sertakan ilustrasinya. Dalam kasus ini gue mau lurus. Caranya adalah belok ke kiri. Lurus terus sampai terlihat garis putus-putus di jalan, karena disitulah tempat yang aman untuk belok (secara hukum).

Tetap perhatikan keadaan traffic di belakang dan depan, kemudian belok secara elegan. Setelah keadaan sekitar aman beloklah ke kiri (kalau belok kiri tandanya hijau) atau bisa j…

Meja Kerja Djangkies

Entri pertama blog ini akan membahas tentang meja kerja gue. Meja kerja ini spesial karena pemberian bapak mertua gue. Spesial karena punya dua fungsi, meja kerja dan meja setrika hehee.


1. MacBook Pro 13 Mid-2010
Ini laptop jadoel sekali, prosesornya Core 2 Duo dan RAM 4 GB. Tapi walaupun begitu masih layak untuk dipakai kerja. Gue masih bisa tetap waras saat pakai MacBook Pro ini dibandingkan komputer rakitan gue 2 tahun lalu yang pakai Ubuntu atau Windows, padahal di atas kertas spesifikasinya di atas MacBook Pro ini.

Ya, dua sistem operasi itu sering banget bermasalah. Entah karena gue yang sekolah SMA ga tamat atau mungkin juga karena Windowsnya bajakan jadi ga berkah. Tapi yang pasti gue cocok sama apel kroak ini.

Di bawahnya ada laptop cooler untuk mendinginkan suhu laptop yang sering demam. MacBook Pro ini berbahan alumunium jadi cepat panas, selain itu juga posisi ngetiknya menurut gue jadi lebih nyaman karena lebih tinggi.

2. Setrika Philips Diva
Setrika ini gue beli pakai vou…

6 Tipe Orang Ngutang, Nomor 4 Miris

1. Jujur
Tipe orang ngutang ini selalu memberi kabar kepada pemberi pinjaman kalau dia belum bisa bayar. Ucapan dan realitanya selalu sama, artinya ketika dia bilang belum bisa bayar ya sesuai kenyataan. Karena kejujuran mereka, terkadang pemberi pinjaman baik hati memberi keringanan atau bahkan dianggap lunas.

2. Monster
Tipe-tipe ini sangat ditakuti. Bagaimana tidak, ketika meminjam mereka memasang muka kasihan seperti bayi kucing kehilangan induknya. Ketika waktunya bayar mereka diam saja, tapi ketika ditagih mereka berubah jadi monster yang biasa muncul di serial Ultramen. Ngeri. Kemungkinan tipe ini untuk melunasi hutangnya kecil.

3. Astronot
Tipe orang ini bisa menghilang dengan kecepatan cahaya ketika sudah berhasil mendapat utangan. Saking cepatnya mereka bergerak, kemungkinan mereka nyasar di orbit planet Uranus yang susah sinyal, tiba-tiba susah untuk dihubungi.

Ya bayangkan saja, kecepatan cahaya itu 300.000 km/detik sedangkan lingkar keliling bumi 40.000 km, kemungkinan besa…