Password Manager Gratis untuk iOS dan macOS

Semakin banyaknya layanan yang gue gunakan, maka bertambah juga password yang harus gue ingat. Dulu gue punya kebiasaan buruk menggunakan password sama untuk semua website.

Tentu hal ini berbahaya, karena tiap website berbeda-beda sistem keamanannya. Sejak saat itu gue selalu menggunakan password yang berbeda untuk setiap akun/website. Ribet memang, tapi setidaknya gue ga perlu khawatir kalau terjadi sesuatu di salah satu akun/website.

Dulu sebelum mengenal aplikasi atau program password manager gue sering menyimpan password di notepad. Kemudian karena kurang praktis akhirnya gue simpan passwordnya di browser sekalian.

Hal ini praktis jadi setiap gue mau login tinggal klik aja passwordnya maka otomatis terisi. Kekurangan dari password manager bawaan browser adalah tidak ada password generator untuk menghasilkan password yang kuat.

Di laptop Windows gue pakai KeePassX dan berita baiknya juga tersedia di macOS jadi gue ga perlu ribet pindahin datanya. File database passwordnya juga  bisa terbaca di macOS.


Nah, bagaimana kalau gue butuh password untuk login di iPhone? Tentu ribet bin repot kalau harus buka laptop dulu cuma untuk lihat password.

Di iOS ada aplikasi namanya MiniKeePass, beda developer tapi bisa membuka file database dari KeePassX. Jadi tinggal pindahin aja file database itu ke iPhone dan jreeng semua password yang ada di laptop tadi bisa diakses.




Previous
Next Post »
Comments


EmoticonEmoticon